PEPENKRIS TAHUN 2018

Kembali kita memasuki Pekan Pendidikan Kristen (Pepenkris) Tahun 2018. Pepenkris adalah waktu untuk berefleksi. Terutama, bagi kita semua keluarga, gereja, maupun sekolah Kristen di lingkungan Sinode GKJ dan GKI Sinode Wilayah Jawa Tengah. Melalui Pepenkris, kita diingatkan tentang pentingnya karya kesaksian dan pelayanan di bidang pendidikan. Baik itu karya pendidikan dalam keluarga, gereja, sekolah, tempat kerja maupun di ruang publik.

Tahun ini, kegiatan Pepenkris dilaksanakan dengan tema “Belajar Bijak di Zaman Campur-Aduk”. Melalui tema ini kita diajak untuk memberi perhatian pada dua hal. Pertama, menyegarkan kembali penghayatan bahwa pendidikan Kristen hakikatnya adalah pelayanan pendamaian. Karena itu karya pendidikan haruslah merupakan ikhtiar untuk “menghasilkan” duta-duta pelayanan pendamaian. Yaitu, pribadi-pribadi yang siap-sedia memulihkan, merawat dan mengembangkan aneka relasi dengan cara-cara yang baik, demi terwujudnya kebaikan bersama. Hal ini amat relevan, terutama di zaman campur-aduk sekarang ini.

Kedua, kita perlu membiasakan diri menumbuh-kembangkan sikap bijak. Itu merupakan keniscayaan. Karena, di balik pesatnya kemajuan teknologi informasi-komunikasi sekarang ini, ternyata tersimpan “bom waktu” yang mengerikan. Yaitu, masyarakat cenderung makin ‘kaya informasi’ tapi ‘miskin kecakapan hidup hakiki’. Kemiskinan itu tampil dalam bentuk, misalnya: tak mampu mengembangkan dimensi afektif, kehilangan cita rasa historis, kehilangan perspektif hidup, kehilangan kemampuan bersikap jernih, kehilangan kemampuan membangun persaudaraan sejati, minim dedikasi untuk memperjuangkan kebaikan sejati tanpa pamrih, dll. Ringkasnya, masyarakat kita mengalami defisit sikap bijak.

Itulah sebabnya, melalui momen sepekan, kita akan  menggumuli tema tersebut di atas. Kiranya itu memotivasi kita untuk senantiasa membiasakan diri bersikap bijak di zaman campur-aduk. Hal itu kita upayakan melalui pendidikan dalam keluarga, gereja, sekolah, tempat kerja maupun di ruang publik.

Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyiapan buku pedoman Pepenkris ini. Secara khusus, kami berterima kasih kepada Bapak Pdt. Aris Widaryanto; Pdt. Agus Wijaya; Pdt. Wiji Astuti; Pdt. Wisnu Sapto Nugroho; Pdt. R. Tyas Budi Legowo dan Pdt. Setyo Pranowo.

Akhirnya, kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersedia ambil bagian dalam Pepenkris tahun ini.  Kiranya Tuhan dimuliakan.

Salatiga, Juli 2018

Pengurus LP3S

 

Dr. Bambang Suteng Sulasmono,M.Si.

Ketua

Bahan Pepenkris Tahun 2018 dapat di unduh disini.

PERMOHONAN DATA SEKOLAH

Salah satu peran LP3S adalah memetakan pendidikan Kristen berdasarkan data aktual perkembangan Sekolah-sekolah Kristen di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sehubungan dengan itu, perkenankan kami mohon dukungan Bapak/Ibu/Saudara dalam proses pembaruan data base sekolah-sekolah Kristen dengan cara mengirimkan kepada kami data sekolah Bapak/Ibu/Saudara pada tahun ajaran 2017/2018 sesuai lembar isian yang telah kami lampirkan. (Lembar isian di bawah ini sedikit berbeda dari lembar yang terlampir di surat, karena sudah diperbaharui. Maka dari itu untuk lembar isian yang dipakai kami harap dari lembar isian di bawah ini) 

KB-TK

SD

SMP

SMA

SMK

Kami berharap data tersebut dapat kami terima selambat-lambatnya tanggal 31 September 2017, bisa lewat pos atau email.

Atas perhatian dan respons positif Bapak/Ibu/Saudara kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Tuhan memberkati.

WORKSHOP “Mengembangkan Program PBK di SMK Sesuai Kurikulum BK SMK 2013 dan Panduan Operasional Penyelenggaraan (POP) BK SMK 2016”

Musyawarah BKS-SMK Kristen tahun 2017, merekomendasikan kepada LP3S untuk menyelenggarakan kegiatan workshop guna membantu peningkatan mutu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling (PBK) di SMK Kristen. hal ini dipandang perlu karena layanan BK yang baik, kini merupakan salah satu hal penting dalam peningkatan mutu layanan pendidikan di SMK Kristen.

Didasari, guru-guru BK di SMK Kristen perlu menyusun, mengembangkan dan melaksanakan Program Pelayanan Bimbingan dan Konseling (PPBK) Tahunan, Semesteran maupun Satuan Layanan (Satlan) sesuai dengan Kurikulum BK SMK 2013 dan standar minimal yang ditetapkan oleh pemerintah, sebagaimana telah dijabarkan secara operasional dalam Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Kejuruan (POP BK SMK) 2016.

untuk mewujudkan hal itu, adanya forum pengembangan profesi bagi guru BK SMK sangat dibutuhkan. melalui forum tersebut, dalam pendampingan fasilitator, diharapkan para guru BK bisa saling belajar tentang PPBK berdasarkan kurikulum BK SMK 2013 yang selaras dengan POP BK SMK 2016. dengan demikian, forum tersebut diharapkan akan menjadi ajang pengembangan profesi yang bermakna bagi para guru BK SMK Kristen. Sehingga, pada gilirannya, hal itu juga akan berdampak positif terhadap pelaksanaan tugas-tugas sesehari mereka di sekolah.

pertimbangan seperti itulah yang melatarbelakangi terlaksananya kegiatan Workshop “MENGEMBANGKAN PPBK DI SMK SESUAI KURIKULUM BK SMK 2013 DAN PANDUAN OPERASIONAL PENYELENGGARAAN (POP) BK SMK 2016” ini.

Hati Yang Baru Untuk Menyambut Tahun Baru

dp-bbm-selamat-tahun-batu-2017

Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.” Yehezkiel 36:26

Satu tahun telah kita lalui dan kini tahun yang baru telah tiba. Banyak hal yang telah kita lalui, entah itu baik maupun yang buruk sekalipun. Sebagian doa-doa kita mungkin telah dijawab dan sebagian lagi belum ada jawabannya. Masalah yang lalu telah dilalui, tetapi ada masalah lain yang terus berdatangan.

Memasuki tahun yang baru, janji Tuhan bagi umatNya tetap berlaku. Dia senantiasa memberikan rancangan damai sejahtera bagi umatNya yang setia mengasihi Dia. Dan ketika kita sungguh-sungguh berbalik dari jalan-jalan kita yang jahat, Dia memberikan hati yang baru dan roh yang baru dalam hidup kita. Dia akan memberikan kemampuan bagi kita agar kita dapat hidup taat seturut dengan FirmanNya.

Tentunya hati yang baru dan roh yang baru harus diikuti dengan sikap dan perbuatan yang sesuai dalam kehidupan kita, agar hubungan dengan Tuhan dapat terus terjaga dan FirmanNya benar-benar membawa dampak yang luar biasa dalam kehidupan kita. Dan dalam tahun yang baru ini, kita semua juga pasti rindu untuk melihat janji-janji Tuhan digenapi, jawaban-jawaban doa dipenuhi, masalah-masalah dapat terselesaikan dan segala keinginan kita diberikan oleh Tuhan.

Oleh karena itu dengan hati yang baru, ada beberapa hal yang harus kita lakukan dalam menyambut tahun yang baru ini agar janji-janji Tuhan dapat digenapi dalam hidup kita:

1. Lakukan Segala Sesuatu Di Dalam Yesus

“Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.” Kol 3:17

Ingatlah kepada Tuhan dalam setiap perbuatan kita, baik dalam pekerjaan, di kantor, di rumah, di jalan, di sekolah, dalam lingkungan sosial, keluarga, pergaulan dan lain-lain.

Keluarkan perkataan-perkataan yang positif dalam hidup kita, lakukan perbuatan-perbuatan yang sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan. Lakukan segala sesuatu, seperti kita melakukannya untuk Tuhan. Kita tidak akan berani berbuat kecurangan/dosa, jika kita ingat bahwa yang kita lakukan adalah untuk Tuhan.

“Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku. Bila ia berseru kepada-Ku, Aku akan menjawab, Aku akan menyertai dia dalam kesesakan, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya. Dengan panjang umur akan Kukenyangkan dia, dan akan Kuperlihatkan kepadanya keselamatan dari pada-Ku.” Maz 91:14-16

2. Belajar Dari Pengalaman

“Bahwa aku tertindas itu baik bagiku, supaya aku belajar ketetapan-ketetapan-Mu.” Maz 119:71

Segala ujian dan pencobaan yang Tuhan ijinkan dalam hidup kita adalah untuk pembelajaran bagi kita agar kita dapat hidup lebih baik lagi di hadapan Tuhan.

Tuhan senantiasa membentuk hidup kita melalui segala keadaan maupun kondisi agar kita dapat menjadi kuat menghadapi masalah-masalah yang lebih besar lagi.

Dan ketika kita mau terbuka di hadapan Tuhan dan belajar dari setiap masalah yang kita hadapi, maka kita akan menjadi manusia yang semakin mendekati kepada kesempurnaan, karena hidup ini adalah proses menuju kepada kesempurnaan.

Belajarlah dari setiap pengalaman yang kita lalui, belajar dari tahun yang telah kita lalui dan evaluasi apa yang perlu kita perbaiki untuk menyongsong tahun yang baru.

Kesalahan yang pernah kita lakukan tidak perlu terulang lagi, dan kebaikan yang telah dilakukan biarlah dapat lebih lagi dikerjakan dalam tahun yang baru.

“Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci.” Rom 15:4

3. Iman Disertai Perbuatan

“Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.” Yak 2:17

Keyakinan iman dan kehidupan doa harus selalu diimbangi dengan perbuatan. Karena iman tanpa perbuatan adalah iman yang mati, sedangkan iman yang disertai dengan perbuatan akan menghasilkan mujizat dalam kehidupan kita.

Seringkali ketakutan senantiasa menghalangi kita untuk dapat melangkah dengan iman. Pikiran dan logika selalu bertolak belakang dengan iman yang kita miliki. Tetapi ketika kita menyingkirkan segala ketakutan dan mulai melangkah dengan iman, maka kita akan melihat hasil yang luar biasa dari perbuatan yang kita lakukan.

Ketika kita takut untuk melangkah atau berbuat sesuatu, maka kita telah kehilangan kesempatan untuk berhasil. Mungkin juga ketika kita melangkah kita akan menemui kegagalan. Tetapi kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi ketika kita tidak mulai untuk melangkah.

Keberanian berbuat sesuatu akan mendatangkan kemungkinan untuk berhasil dalam kehidupan kita. Dan sesuatu yang dilakukan berkali-kali dengan tekun akan membuat kita menjadi mahir, sehingga persentase keberhasilan akan menjadi semakin besar. Ditambah lagi dengan iman yang kita pegang teguh, maka mujizat demi mujizat akan menyertai setiap langkah hidup yang kita jalani.

“Taburkanlah benihmu pagi-pagi hari, dan janganlah memberi istirahat kepada tanganmu pada petang hari, karena engkau tidak mengetahui apakah ini atau itu yang akan berhasil, atau kedua-duanya sama baik.” Pkh 11:6

Sambutlah tahun yang baru dengan penuh keyakinan, karena Tuhan telah memberikan kita hati yang baru. Lakukan segala sesuatu di dalam Yesus, belajarlah dari pengalaman yang lalu dan melangkah dengan imanmu, maka kita akan melihat janji-janji Tuhan digenapi dalam hidup kita pada tahun yang baru ini. Haleluya!

Website Resmi LP3S Salatiga

RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
YouTube
Instagram