PERMOHONAN DATA SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Kepada Yth.

Segenap Kepala Sekolah TK,SD, SMP, SMA/K Kristen

Lingkup Pelayanan LP3S

Di

   Alamat masing-masing

Dengan hormat,

Perkenankan dengan ini kami menginformasikan, bahwa salah satu peran LP3S adalah memetakan pendidikan Kristen berdasarkan data aktual perkembangan Sekolah-sekolah Kristen di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sehubungan dengan itu, perkenankan kami mohon dukungan Bapak/Ibu/Saudara dalam proses pembaruan data base sekolah-sekolah Kristen dengan cara mengirimkan kepada kami;

  1. Softcopy RAPOR MUTU sekolah Bapak/Ibu/Saudara yang terbaru yang dapat diunduh di http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id serta
  2. Data sekolah Bapak/Ibu/Saudara pada tahun ajaran 2019/2020 sesuai lembar isian yang telah kami lampirkan (bisa juga download di sini atau melalui WhatsApp dengan no. 085641284270).

Kami berharap data tersebut dapat kami terima selambat-lambatnya tanggal 31 November 2019, bisa melalui email l atau WhatsApp

Atas perhatian dan respons positif Bapak/Ibu/Saudara kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Tuhan memberkati.

Pengurus LP3S

PERMOHONAN DATA SEKOLAH

Salah satu peran LP3S adalah memetakan pendidikan Kristen berdasarkan data aktual perkembangan Sekolah-sekolah Kristen di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sehubungan dengan itu, perkenankan kami mohon dukungan Bapak/Ibu/Saudara dalam proses pembaruan data base sekolah-sekolah Kristen dengan cara mengirimkan kepada kami data sekolah Bapak/Ibu/Saudara pada tahun ajaran 2018/2019 sesuai lembar isian yang telah kami lampirkan.

Di sini

Kami berharap data tersebut dapat kami terima selambat-lambatnya tanggal 31 November 2018, bisa lewat pos, WA atau email.

Atas perhatian dan respons positif Bapak/Ibu/Saudara kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Tuhan memberkati.

PEPENKRIS TAHUN 2018

Kembali kita memasuki Pekan Pendidikan Kristen (Pepenkris) Tahun 2018. Pepenkris adalah waktu untuk berefleksi. Terutama, bagi kita semua keluarga, gereja, maupun sekolah Kristen di lingkungan Sinode GKJ dan GKI Sinode Wilayah Jawa Tengah. Melalui Pepenkris, kita diingatkan tentang pentingnya karya kesaksian dan pelayanan di bidang pendidikan. Baik itu karya pendidikan dalam keluarga, gereja, sekolah, tempat kerja maupun di ruang publik.

Tahun ini, kegiatan Pepenkris dilaksanakan dengan tema “Belajar Bijak di Zaman Campur-Aduk”. Melalui tema ini kita diajak untuk memberi perhatian pada dua hal. Pertama, menyegarkan kembali penghayatan bahwa pendidikan Kristen hakikatnya adalah pelayanan pendamaian. Karena itu karya pendidikan haruslah merupakan ikhtiar untuk “menghasilkan” duta-duta pelayanan pendamaian. Yaitu, pribadi-pribadi yang siap-sedia memulihkan, merawat dan mengembangkan aneka relasi dengan cara-cara yang baik, demi terwujudnya kebaikan bersama. Hal ini amat relevan, terutama di zaman campur-aduk sekarang ini.

Kedua, kita perlu membiasakan diri menumbuh-kembangkan sikap bijak. Itu merupakan keniscayaan. Karena, di balik pesatnya kemajuan teknologi informasi-komunikasi sekarang ini, ternyata tersimpan “bom waktu” yang mengerikan. Yaitu, masyarakat cenderung makin ‘kaya informasi’ tapi ‘miskin kecakapan hidup hakiki’. Kemiskinan itu tampil dalam bentuk, misalnya: tak mampu mengembangkan dimensi afektif, kehilangan cita rasa historis, kehilangan perspektif hidup, kehilangan kemampuan bersikap jernih, kehilangan kemampuan membangun persaudaraan sejati, minim dedikasi untuk memperjuangkan kebaikan sejati tanpa pamrih, dll. Ringkasnya, masyarakat kita mengalami defisit sikap bijak.

Itulah sebabnya, melalui momen sepekan, kita akan  menggumuli tema tersebut di atas. Kiranya itu memotivasi kita untuk senantiasa membiasakan diri bersikap bijak di zaman campur-aduk. Hal itu kita upayakan melalui pendidikan dalam keluarga, gereja, sekolah, tempat kerja maupun di ruang publik.

Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyiapan buku pedoman Pepenkris ini. Secara khusus, kami berterima kasih kepada Bapak Pdt. Aris Widaryanto; Pdt. Agus Wijaya; Pdt. Wiji Astuti; Pdt. Wisnu Sapto Nugroho; Pdt. R. Tyas Budi Legowo dan Pdt. Setyo Pranowo.

Akhirnya, kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersedia ambil bagian dalam Pepenkris tahun ini.  Kiranya Tuhan dimuliakan.

Salatiga, Juli 2018

Pengurus LP3S

 

Dr. Bambang Suteng Sulasmono,M.Si.

Ketua

Bahan Pepenkris Tahun 2018 dapat di unduh disini.

PERMOHONAN DATA SEKOLAH

Salah satu peran LP3S adalah memetakan pendidikan Kristen berdasarkan data aktual perkembangan Sekolah-sekolah Kristen di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sehubungan dengan itu, perkenankan kami mohon dukungan Bapak/Ibu/Saudara dalam proses pembaruan data base sekolah-sekolah Kristen dengan cara mengirimkan kepada kami data sekolah Bapak/Ibu/Saudara pada tahun ajaran 2017/2018 sesuai lembar isian yang telah kami lampirkan. (Lembar isian di bawah ini sedikit berbeda dari lembar yang terlampir di surat, karena sudah diperbaharui. Maka dari itu untuk lembar isian yang dipakai kami harap dari lembar isian di bawah ini) 

KB-TK

SD

SMP

SMA

SMK

Kami berharap data tersebut dapat kami terima selambat-lambatnya tanggal 31 September 2017, bisa lewat pos atau email.

Atas perhatian dan respons positif Bapak/Ibu/Saudara kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Tuhan memberkati.

WORKSHOP “Mengembangkan Program PBK di SMK Sesuai Kurikulum BK SMK 2013 dan Panduan Operasional Penyelenggaraan (POP) BK SMK 2016”

Musyawarah BKS-SMK Kristen tahun 2017, merekomendasikan kepada LP3S untuk menyelenggarakan kegiatan workshop guna membantu peningkatan mutu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling (PBK) di SMK Kristen. hal ini dipandang perlu karena layanan BK yang baik, kini merupakan salah satu hal penting dalam peningkatan mutu layanan pendidikan di SMK Kristen.

Didasari, guru-guru BK di SMK Kristen perlu menyusun, mengembangkan dan melaksanakan Program Pelayanan Bimbingan dan Konseling (PPBK) Tahunan, Semesteran maupun Satuan Layanan (Satlan) sesuai dengan Kurikulum BK SMK 2013 dan standar minimal yang ditetapkan oleh pemerintah, sebagaimana telah dijabarkan secara operasional dalam Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Kejuruan (POP BK SMK) 2016.

untuk mewujudkan hal itu, adanya forum pengembangan profesi bagi guru BK SMK sangat dibutuhkan. melalui forum tersebut, dalam pendampingan fasilitator, diharapkan para guru BK bisa saling belajar tentang PPBK berdasarkan kurikulum BK SMK 2013 yang selaras dengan POP BK SMK 2016. dengan demikian, forum tersebut diharapkan akan menjadi ajang pengembangan profesi yang bermakna bagi para guru BK SMK Kristen. Sehingga, pada gilirannya, hal itu juga akan berdampak positif terhadap pelaksanaan tugas-tugas sesehari mereka di sekolah.

pertimbangan seperti itulah yang melatarbelakangi terlaksananya kegiatan Workshop “MENGEMBANGKAN PPBK DI SMK SESUAI KURIKULUM BK SMK 2013 DAN PANDUAN OPERASIONAL PENYELENGGARAAN (POP) BK SMK 2016” ini.

Website Resmi LP3S Salatiga

Facebook
Twitter
YouTube
Instagram